• MERENCANAKAN BERANGKAT HAJI DAN UMRAH

    MERENCANAKAN BERANGKAT HAJI DAN UMRAH 

    Semua umat muslim dari berbagai bangsa di seluruh dunia pasti ingin berkunjung ke Baitullah untuk menunaikan ibadah haji maupun umroh. Ibadah haji merupakan ibadah yang spesial, karena merupakan rukun Islam terakhir yang wajib dilaksanakan setidaknya sekali dalam seumur hidup. Di mana semua orang berkumpul di tempat yang sama, memakai pakaian yang sama dan melakukan hal yang sama. Menjadi tamu Allah, bermunajat memohon ampunan, mengharap ridha dan limpahan pahala, menjalani hari-hari dengan ibadah khusyuk, shalat di depan Kabah, berziarah ke tempat-tempat penting dalam sejarah Islam, berada di dekat makam Rasulullah SAW. Sungguh ibadah yang menggetarkan sukma, menenangkan jiwa, dan meluruhkan air mata.
    Namun, pergi ke Baitullah dan menjadi tamu Allah bukanlah sesuatu yang mudah.
    Supaya cita-cita luhur menunaikan ibadah haji dan umroh segera terwujud, sebaiknya rencanakan secara cerdas dan cermat. Berikut tips merencanakan berangkat haji dan umroh yang bisa Anda coba.

    Luruskan Tujuan Anda ke Tanah Suci
    Milikilah dorongan yang kuat dan motivasi yang tinggi untuk mengumpulkan dana supaya dapat pergi ke Baitullah. Misalnya saja Anda mulai mengumpulkan dana pergi haji dan umroh sejak usia 21 tahun, supaya dapat pergi ke Baitullah di usia 30 tahun.

    Menjalankan Gaya Hidup Hemat
    Upayakan pola hidup sehemat mungkin supaya dapat menyisihkan penghasilan untuk ditabung. Hemat bukan berarti pelit, sebab hemat bertujuan fokus untuk memenuhi kebutuhan bukan keinginan, sehingga Anda hanya mengeluarkan dana secukupnya saja, tidak berlebih-lebihan.

    Mendayagunakan Kemampuan untuk Mendapatkan Penghasilan Lebih
    Selagi masih muda, jangan mudah menyerah dan merasa lelah. Fisik yang masih kuat dan otak yang masih cemerlang memungkinkan Anda dapat melakukan usaha 2X lipat, seperti lembur dan mencari pekerjaan sampingan untuk menambah jumlah tabungan.

    Menabung Lewat Lembaga Keuangan
    Manfaatkan lembaga perbankkan yang memberikan fasilitas tabungan haji dan umroh. Lembaga ini dikelola secara professional, dengan ketentuan nasabah tidak boleh mengambilnya, jika belum memenuhi biaya haji dan umroh.

    Menambah Ilmu Mengenai Haji dan Umroh
    Kecilnya kesadaran umat muslim untuk pergi ke Baitullah karena minimnya pemahaman nilai ibadah yang dilakukan disana. Karena itu perdalamlah ilmu agama, sehingga paham benar keutamaan dibalik ibadah haji maupun umroh.

    Mengajak Orang Terdekat Ikut Serta
    Merancang rencana ibadah haji dan umrah akan lebih mudah dilakukan dengan mengajak teman atau mungkin pasangan untuk ikut serta. Ibadah bersama teman menumbuhkan tekad untuk melaksanakan ibadah semaksimal mungkin dan memberikan rasa aman selama berada di tanah suci.
    Untuk memudahkan pergi ke Baitullah, sebaiknya buat perencanaan keuangan secara matang. Berikut perencanaan keuangan dalam rangka menuju ke Baitullah.

    Menabung
    Sebaiknya tetapkan target berangkat ibadah haji atau umroh, seperti target 2 tahun ke depan harus menunaikan ibadah umroh. Asumsi kenaikan biaya umroh setiap tahunnya 10%. Anda harus disiplin menabung untuk biaya haji, sanggup berhemat untuk memangkas pengeluaran yang kurang penting, serta meninggalkan gaya hidup yang boros.

    Investasi
    Selain menabung Anda dapat melakukan investasi, namun harus dilakukan secara hati-hati. Pilihlah investasi yang dijamin halal dan peluang keberhasilannya besar. Investasi dapat berupa jangka panjang maupun menengah, seperti jual beli properti atau emas.

    Menjalin Kemitraan
    Beberapa biro perjalanan haji dan umroh memberi kesempatan bermitra dengan calon jamaah, dengan cara memberikan insentif jika berhasil mengajak rekan, sahabat maupun saudara untuk menjadi jamaah biro tersebut.

     

Bagikan : Google Facebook Twitter


Posting Terbaru